We are Just Computer Freaker
 
IndeksPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?

Share | 
 

 "Dark Fiber" nya Google

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
linuxer46
Senior
Senior


Jumlah posting : 62
Join date : 13.12.11

PostSubyek: "Dark Fiber" nya Google    Sat 17 Dec 2011 - 1:08

Pada Oktober 2007, Google mengumumkan kalau mereka mencari implementor Dark Fiber networks di dasar laut antara U.S. dan Asia untuk kebutuhan bandwidth mereka. Dan Google juga telah membeli Dark Fiber dengan kuantitas yang sangat-sangat banyak. Konon kabarnya, Google saat ini memiliki Dark Fiber lebih banyak dari Dark Fiber perusahaan manapun di seluruh dunia.

Kemunculan “Dark Fiber” dimulai dari adanya keberadaan sebuah data yang sangat besar. dalam hal ini yaitu Arizona State University (ASU) dan pusat riset genetic institute terletak berjarak 10 mil antara satu sama lain, Sehingga untuk melakukan sinkronisasi data jika menggunakan kabel tembaga, maka perbedaan datanya akan berjarak 7 hari sedangkan jika menggunakan Dark Fiber perbedaan datanya akan berbeda hanya sampai 1 jam. Hal itu dimungkinkan karena Dark Fiber memiliki kecepatan 8.000 Gigabytes/ jam atau 8 TB/jam

[You must be registered and logged in to see this image.]

Pertanyaannya sekarang adalah. Apa itu Dark Fiber ?, Samakah Dark Fiber dengan media transmisi jaringan data tercepat untuk saat ini yaitu Fiber Optik ? Apakah Dark Fiber adalah salah satu jenis dari Fiber Optik ?

Dark Fiber adalah istilah yang umum dipakai pada komunikasi Fiber Optik, dan dipakai untuk merujuk pada lembaran (core) Fiber Optik single mode yang sudah terpasang tetapi ujung-ujungnya sama sekali belum terhubung ke perangkat apapun.

Dark Fiber yang ada terpasang di operator-operator biasanya merupakan Fiber Optik yang digunakan sebagai cadangan, atau persiapan ekspansi di masa depan. Dark Fiber ini juga bisa disewakan kepada siapapun yang bisa membayarnya. Harga sewanya biasanya selangit karena biaya pemasangan (penggalian tanah) memang mahal, dan Operator takut akan disaingi oleh si penyewa Dark Fiber, karena sekali Dark Fiber ini disewa, maka si penyewa akan memiliki bandwidth yang luar biasa besar (dalam order Tbps) dan bisa dijual lagi ke penyewa-penyewa lainnya lagi

Namun demikian, jika anda cukup beruntung memiliki akses ke Dark Fiber ini, maka anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi lagi, karena satu pasang Dark Fiber sebenarnya bisa digunakan untuk melewatkan >100 berkas sinar laser yang masing-masing berkapasitas 40 Gbps (saat ini, dan masih mungkin meningkat hingga 100 Gbps sebentar lagi). Artinya secara total, sekarang kita bisa dapatkan 4 Tbps dari sepasang Dark Fiber ! Ini kurang lebih sama dengan 320 juta orang berbicara serentak menggunakan business quality VoIP (yang kualitasnya sama dengan telpon rumahan yang terbaik saat ini). Suatu kapasitas yang luar biasa besar, mengingat ukuran Fiber Optik tersebut jauh lebih kecil dari pada seutas rambut manusia !.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Jadi bisa disimpulkan bahwa Dark Fiber adalah Fiber Optik itu sendiri, namun Fiber Optik itu belum dipakai, dan digunakan sebagai cadangan untuk kebutuhan transmisi kedepannya. Disebut dengan istilah “Dark” karena Fiber Optik tersebut belum dialiri cahaya laser yang berguna untuk transmisi data.

Nah sekarang pertanyaannya bisa meluas ke definisi dari Fiber Optik. Karena dalam hal koneksi data sampai perangkat fisik yang sangat ramping, membuat Fiber Optik merupakan salah satu perangkat yang mahal untuk digunakan sebagai media transmisi data.

Fiber Optik adalah merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam Fiber Optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi Fiber Optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Perkembangan teknologi Fiber Optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian Fiber Optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi. Pada prinsipnya Fiber Optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya.
Dalam penggunaan Fiber Optik ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain :
Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
Tidak berkarat
Kembali ke Dark Fiber, salah satu alasan bahwa adanya perencanaan pembangunan Dark Fiber diantaranya adanya kebutuhan cadangan dari media Fiber Optik untuk digunakan jika sewaktu-waktu Fiber Optik mengalami masalah, masalah yang timbul contohnya seperti bencana alam. Masih belum lama ada kejadian dimana perusahaan-perusahaan komunikasi dan internet kewalahan karena adanya bencana alam pada permukaan laut yang mengakibatkan rusaknya Fiber Optik yang ditanamkan di dalam laut sepanjang se-Asia Pasifik, sehingga pada saat itu sejumlah jaringan tidak stabil dan harus dilakukan perbaikan beberapa waktu.

Dari artikel lain:

Pada Oktober 2007, Google mengumumkan kalau mereka mencari implementor dark fiber networks di dasar laut antara U.S. dan Asia untuk kebutuhan bandwidth mereka. Dan Google juga telah membeli dark fiber dengan kuantitas yang sangat-sangat banyak.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Konon kabarnya, Google saat ini memiliki Dark Fiber lebih banyak dari dark fiber perusahaan manapun di seluruh dunia.
Seperti apakah kemampuan dark fiber itu?

Kembali Ke Atas Go down
linuxer46
Senior
Senior


Jumlah posting : 62
Join date : 13.12.11

PostSubyek: Re: "Dark Fiber" nya Google    Sat 17 Dec 2011 - 1:10

[You must be registered and logged in to see this image.]

Kemunculan “Dark Fiber” dimulai dari adanya keberadaan sebuah data yang sangat besar. Dalam hal ini yaitu Arizona State University (ASU) dan pusat riset genetic institute terletak berjarak 10 mil antara satu sama lain.
Sehingga untuk melakukan sinkronisasi data jika menggunakan kabel tembaga, maka perbedaan datanya akan berjarak 7 hari sedangkan jika menggunakan dark fiber perbedaan datanya akan berbeda hanya sampai 1 jam. Hal itu dimungkinkan karena Dark Fiber memiliki kecepatan 8.000 Gigabytes/jam atau 8 TB/jam.

Apa yang akan dilakukan Google dengan dark fiber?

Meski memiliki dark fiber yang sangat banyak di dunia, menurut informasi orang dalam, google sama sekali belum mengaktifkan dark fibernya tersebut. Jika Google mengaktifkannya maka Google akan mampu memonopili semua lalu lintas internet, bahkan lebih jauh dari itu.
Dengan ith yang semakin besar maka penyedia layanan Internet (ISP) akan berjuang untuk memenuhi tuntutan peningkatan bandwidth.
Misalnya saja, saat ini situs penyedia download film semakin bertebaran di internet, begitu juga streaming online televisi dan video, dan download lagu/mp3.
Untuk memenuhi semua kebutuhan itu jelas diperlukan peningkatan bandwith besar-besaran. Hal itu bisa dilakukan dengan implementasi Dark Fiber yang memiliki kecepatan 8.000 Gigabytes/jam.

Google Menguasai Internet dan Komunikasi

Ketika ISP mencapai kapasitas mereka, mereka tak punya pilihan lain kecuali meminta bantuan kepada Google. Dengan dark fiber yang dimilikinya, google akan mengatasi semua keterbatasan bandwith dunia.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Bahkan, Google tidak hanya akan memonopoli lalu lintas internet, dengan dark fibernya, maka Google akan menjadi perusahaan telepon, perusahaan TV kabel, sistem stereo dan digital video recorder untuk rumah kita semua. Hal itu sangat mungkin terjadi. Dan Google pun akan menguasai dunia.
Lalu kapan google akan mengaktifkan Dark Fiber nya? Kita tidak akan pernah tahu. Maka bersiap-siaplah jika suatu saat nanti kehidupan kita yang berhubungan dengan teknologi akan sangat bergantung pada Google.
Kembali Ke Atas Go down
 
"Dark Fiber" nya Google
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Biodata Fajar The Dark Side
» Mini Fiber Tech 4 Ninin (By Adhu Nasib Crew) "Good Quality & Most Cheaper in Indonesia"
» wts aksesories utk mempercantik ninja dan part fiber
» Tangki dari fiber
» Apa sih Carbon Fiber itu?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Cry Ant Crew :: Information Technology :: News Information Technology :: General Information Technology-
Navigasi: